What Goes Around Comes Around (2)


Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Masih berbicara tentang apa yang “diberikan” akan “kembali” kepada diri sendiri, tetapi kali ini kita akan bahas lebih spesifik kepada “perkataan”.

Semua orang tahu lidah itu bisa mendamaikan hati dan bisa juga sebaliknya: menyakiti hati. Oleh sebab itu, kita harus bijak menggunakan kata-kata, atau dengan kata lain menggunakan kata-kata dengan sadar. Kadangkala (atau mungkin seringkali?) kita menggunakan kata dengan settingan default atau otomatis. Setelah terucap, baru kita sadar sebenarnya kata-kata tadi tak pantas diucapkan. Itupun syukur masih sadar, bagaimana dengan yang tidak sadar?

Jika kita memandang masalah ini seperti bahasan dari tulisan pertama WHAT GOES AROUND COMES AROUND.. (1) , maka hasil yang kita peroleh adalah “kita akan disakiti/dihibur juga oleh kata-kata sebagaimana yang sudah kita lakukan kepada orang lain”. Tetapi, dalam bahasan “kata-kata” seperti yang hendak kita bahas di sini, ada yang lebih menarik. Apa itu?

Bahwa kata-kata yang kita berikan kepada orang lain hendaknya menjadi cermin bagi kita sendiri, sebelum dan sesudah kita mengucapkannya.

Dari mana asal kesimpulan itu?
Baik, mari kita merenung:
1. Pernahkah temanmu curhat, lalu kamu menghibur dia dengan kata-kata “Sabar ya, semua masalah ada solusinya kok, yang penting jangan emosi”
Lalu tak lama kemudian (dalam hitungan jam, atau hari, atau minggu) dirimu mempunyai masalah dan begitu berat untuk sabar.

2. Pernahkah marah kepada orang lain, “Dia itu munafik, semua yang dia bilang itu bohong!”
Lalu dirimu tersadar, oh ya, selama ini aku juga tidak begitu jujur kepada orang lain. Mungkin dibohongin kali ini balasan berbohong kepada orang lain sebelumnya.

3. Pernahkah menganjurkan kepada orang lain, “Makanya jadi orang itu harus berpikir dulu sebelum bertindak!”.
Lalu tak lama kamu sadar bahwa kamu melakukan sesuatu tanpa berpikir sehingga punya cerita yang sama seperti orang yang kamu anjurkan tadi.

Dari tiga kasus di atas, syukurnya sadar. Ada bahkan yang tak sadar. Tak pernah bertanya. Tak mengkaji. Ini bukan hanya yang aku amati dan alami, tapi sempat didiskusikan dengan beberapa orang teman. Mereka mempunyai kesimpulan yang sama:

1. Sebelum berkata, pikir dulu yang selama ini sudah kamu jalankan. Berat tanggung jawabnya mengatakan hal yang selama ini belum dilakukan.

2. Setelah berkata, harus segera evaluasi. Dan siap melakukan seperti yang kita katakan/anjurkan kepada orang lain.

Nah, kesimpulan di atas itu memerlukan kesadaran. Jika belum pernah mengalami seperti hal-hal di atas, bisa jadi karena tidak sadar. Tidak ada salahnya mulai sekarang mulai sadar ketika berkata dan siap-siap menerima tanda baliknya perkataan kita tersebut kepada diri sendiri. Nanti bagi-bagi yaa pengalamannya Big Smile

Oh iya, ngomong-ngomong, pernah dong sebal sama orang karena ngomongnya itu kaya orang suci saja. Yang bilang orang leletlah, tidak bertanggung jawablah, dll. Padahal kita tahu perilaku  dia kurang lebih sama dengan perilaku orang yang dimakinya. Perasaan, kita ingin menyodorkan cermin sebesar-besarnya ke muka dia, atau pengen membahas “Apa sih bedanya dia sama kamu? Kamu kan dulu bla bla bla..”
Nah, bagaimana kalau kita yang di posisi dia (si tukang maki) terus ada teman kita yang juga ingin menyodorkan cermin pada kita agar kita ngacaaa!! Grimace Malu banget, dong! Makanya, sebelum ngomong, ngaca dulu, kita sama gak kaya orang yang kita sebelin? Kalau sama, lha kok protes?

Tips: Kalo aku sih ya, kalau mau bilang untuk orang yang aku juga sama kelemahannya, ya udah ngaku aja.
Contoh: “Dia itu ya, kalo dibilangin keras kepala. Ya sama kaya aku juga sih, hehe” Hit with Brick

Semoga bermanfaat!

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Comments 0

Your email address will not be published. Required fields are marked *

What Goes Around Comes Around (2)

log in

Become a part of our community!

Captcha!

reset password

Back to
log in
css.php
Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Open List
Open List
Ranked List
Ranked List
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF